Strategi Sukses Menghadapi Tes Tahap 3 PPSDMS



Sebelumnya, selamat kepada para adik-adik yang telah lulus tes tahap 2 seleksi masuk PPSDMS. Jangan tenang dulu yaa, karena kalian harus melewati satu tahap lagi. Tetap semangat yaa :D
Aku cuma ingin berbagi mengenai pengalaman aku menghadapi tes tahap 3 PPSDMS. Menurut aku, tahap terakhir ini merupakan tahap terberat, yaiyalah hehe.
nah, aku mau kalian semua sukses dan gak takut melewati tahap ini. setelah selesai tes tahap 3 sekitar dua tahun yang lalu, aku sempat menuliskan sebuah catatan kecil. Aku berharap catatan kecil aku ini bisa bermanfaat buat adik-adik sekalian. Dan aku berharap setelah membaca tulisan ini adik-adik semua semakin semangat belajar, membaca, berdiskusi dan tentunya berdoa lebih banyak.
Tes tahap 3 PPSDMS terdiri dari 3 tahap, yaitu Tes Presentasi, Tes wawancara, dan Tes kesehatan. bagian yang pelu persiapan banyak yaa pastinya pada tes presentasi dan wawancara. Kalau tes kesehatannya, gampanglah kalau memang kalian tidak sedang menderita penyakit yang parah, membutuhkan perlakuan khusus.
Untuk tes presentasinya, aku berharap banget adik-adik datang lebih awal dan jangan sampai telat. Ini sangat efektif untuk menstabilkan degub jantung dan efektif untuk mendinginkan perasaan. Berdasarkan pengalamanku dulu, setiap ruang akan ada sekitar 15 orang yang akan di uji. Mekanismenya adalah nanti kalian akan mengambil tema secara acak yang ditentukan oleh panitia. Biasanya akan ada 5  tema atau lebih. Nah setelah mendapatkan tema masing-masing, setiap calon akan diberikan waktu 20 menit untuk membuat outline materi presentasi. Untuk kertas dan spidol yang digunakan harus yang berasal dari panitia. Jangan berharap kita bisa browsing disini, HP atau tablet kita akan disita. Jadi dalam tahap ini, akan sangat ditentukan oleh pengetahuan dan referensi yang ada pada kita. Seberapa banyak buku yang telah kita baca, seberapa banyak forum diskusi yang kita hadiri dan seberapa banyak orang yang berdiskusi dengan kita maka hal tersebut akan sangat mempengaruhi. Setelah selesai, masing-masing calon akan diberikan waktu presentasi 10 menit dan Tanya jawab 5 menit. Saat teman-teman yang lain sedang presentasi, sebaiknya kita fokus sebisa mungkin, karena akan ada giliran yang datang tiba-tiba pada kita  untuk memberikan pertanyaan. Dalam hal ini, kita juga harus kreatif dalam membuat pertanyaannya, ini juga masuk dalam kriteria penilaian.
Waktu tinggal 4 hari lagi, masih cukup untuk memperbanyak referensi. Saran aku, banyak-banyaklah baca Koran, analisis masalah-masalah yang ada saat ini dan yang sedang booming juga. Coret-coret juga kira-kira solusi apa yang bisa di berikan. Untuk tema tes presentasinya sendiri yang aku ingat ada tentang hukum di Indonesia, Isu korupsi, isu kesehatan khususnya rokok, krisis kepemimpinan, politik dan HAM, pengembangan entrepreneurship dan Indonesia dimata dunia. Nah, kemarin aku dapat tema “Eksistensi Indonesia dalam pergaulan antar bangsa”. Dari tema ini aku mengangkat judul “Fenomena Pertukaran Pelajar”.
Dalam penyampaian materi yang akan kalian presentasikan, usahakanlah tampil dengan percaya diri. Yakinlah terhadap apa yang akan bicarakan, dan yakinlah bahwa hal itu sangat penting. Ada 99 metode analisis dalam memaparkan masalah dan cara penyelesaiannya. (nanti cari sendiri ya ^_^)
salah satu contohnya adalah analisis SWOT, ini yang paling sederhana. Lalu, saat kita presentasi harus menggunakan data bisa berupa table atau perkataan seorang tokoh atau penulis. Posisi saat presentasi juga mempengaruhi, banyak yang terkadang lupa, usahakan jangan membelakangi juri atau penguji dan biacaralah sejelas mungkin. Ada yang bilang, kalau sedang presentasi, bayangkanlah orang yang kalian cintai ada dihadapan kita, bayangkanlah wajah ibu kita J
Untuk tes wawancaranya, berdasarkan catatan kecil yang sama. Pertanyaannya itu seputar rencana hidup kalian, lifeplan dan lifegoal. Ini sangat penting untuk dipersiapkan. Karena kita bisa menilai seseorang itu seperti apa, berdasarkan mimpi-mimpi yang dimilikinya. Kemudian ada juga pertanyaan tentang masalah-masalah yang ada di Indonesia dan solusinya, masalah-masalah dalam islam dengan solusinya juga. Solusinya ini, dipaparkan dari sudut pandang dari kita dan orang lain. Tokoh idola kontemporer dan manfaatnya dalam hidup kita, buku favorite dan nilai apa yang berpengaruh. Lalu, tentang kesanggupan dan komitmen tinggal di asrama, ikuti peraturan, enggak boleh pacaran dan aturan-aturan lainnya. Terakhir, tentang perubahan yang telah kita rasakan saat di SMA dan saat kuliah.
Strategi untuk tes wawancaranya, sebelum masuk, ketuklah pintu terlebih dahulu. Sebaiknya sebelum dipersilahkan duduk jangan duduk dulu. Berjabat tanganlah sebelum memperkenalkan diri sambil tatap matanya dengan kenyakinan dan percaya diri. Tetap santai, sambil baca doa pembuka hati. Terus kenalkan diri kita sebaik mungkin, dan secukupnya saja. kalau ditanya lebih jauh, jawablah dengan yakin.
Tetap semangat dan terus belajar, di jaga sholat dhuhanya dan tahajudnya yaa….
Dan persiapkan juga mental untuk menerima kelulusan dan ketidaklulusan. Besarkan hati kita untuk menerima apapun rencana-NYA. Tugas kita adalah lakukan yang terbaik, manfaatkan segala potensi. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, asahlah kelebihan kita agar lebih baik dan untuk kekurangan kita simpan sajalah, karena kita tidak ada yang sempurna.
Sukses untuk semuanyaa :D

Postingan populer dari blog ini

Totally Mother, Outstanding Children

Ekspektasi dan Realita