Resensi- Status Update for best Student(Agung Baskoro)


Judul           : Status Update for the Best Student
Penulis        : Agung Baskoro
Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan      : Pertama, 2012
ISBN          : 978-979-22-8490-4
Tebal          : 201 halaman
Resentator  : Khairunnisa SY



Setiap orang yang memiliki kesempatan untuk menjadi mahasiswa sangat sedikit jumlahnya di Indonesia. Untuk itu, para mahasiswa yang mendapatkan kesempatan tersebut sebaiknya tidakmenyia-nyiakan waktu. Buku status update for best student ini menjadi petunjuk bagi mahasiswa agar segala potensi yang dimiliki bisa tersalurkan sehingga pada akhirnya mahasiswa tersebut akan memberi manfaat bagi Indonesia.
          Buku yang di tulis berdasarkan tampilan Facebook ini, membuktikan bahwa penulis sangatlah kreatif. Saudara Agus mengerti dan memahami keadaan mahasiswa sekarang. Dalam menyampaikan pesan-pesannya dia menyuguhkan pembaca dengan sesuatu yang beda sehingga sangat menarik.
Buku ini terdiri dari dari 62 konten yang merupakan kumpulan status-status beliau di jejaring sosial Facebook. Setiap status yang beliau buat sangatlah bermakna, akibatnya pembaca akan ketagihan untuk melahap buku tersebut sampai habis.
Buku tersebut berisi tentang tips-tips untuk mendapatkan beasiswa, bagaimana membangun jaringan, meningkatkan kapasitas diri, menjadi mahasiswa yang sukses dengan mengembangkan segala potensi yang dimiliki.
Ada beberapa bagian yang menurut saya sangat menarik karena bagian ini yang sangat memotivasi saya, di antaranya adalah :
Status Update #4 (hal.51)
Mahiswa kok g abaca…payah! Bukan baca buku doang loo…baca lingkungan…baca film…baca deh…
Dengan membaca pikiran kita akan terbuka, bisa melihat sesuatu dengan sudut pandang berbeda sehingga akhirnya kita bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan. Hal yang membuat kita berbeda dengan kita saat 5 tahun yang akan datang, salah satunya adalah apa-apa saja yang telah kita baca. Proses membaca akan membuka banyak tabir misteri oleh sebab itu jangan pernah berhenti untuk membaca apapun itu. Membaca dalam arti yang lebih luas, bukan hanya buku.

Status Update #34
Mau bangun usaha? Modal penting sih…tapi, apapun bentuk aksinya, idenya dulu…karena disana akan ditentukan nilai tambah(inovasi) yang bisa diberikan.

Status ke-34 ini tentang entepreneurship.  Dengan berwirausaha, mahasiswa akan memiliki nilai tambah. Pada dasarnya, yang di butuhkan dalam berwrausaha bukanlah modal, tap ide dan kemauan yang kuat. Ide yang di kembangkan, pada intinya haruslah inovatif sehingga akan terus dikembangkan dan berguna bagi masyarakat.
Nah, ke-60 status lainnya sangat bagus untuk menjadi bagian dalam muhasabbah diri untuk lebih berprestasi.
Kelebihan :
-          ide penulisan buku tersebut sangat kreatif. Buku pertama di Indonesia yang di tulis seperti itu
-         cara penulisan buku tersebut apa adanya, namun pesan yang di sampaikan sangat mengena, sederhana dan mudah dipahami
-         konten tiap bagian buku tersebut memiliki rasa yang unik, memotivasi dan membuka pikiran
Kekurangan:
-         karena penulisan buku ini seperti facebook, jadi terdapat komentar yang tidak penting
-         tidak ada foto atau gambar yang berkaitan dengan kesuksesan penulis.  Misalnya foto saat penulis jadi mahasiswa berprestasi, memerima piala dan pengalaman-pengalaman beliau lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Ekspektasi dan Realita

Totally Mother, Outstanding Children