Terlalu di Larang

Aku waktu kecil
Dulu waktu aku kecil, mamaku ngelarang aku baca komik dan novel. Kata mamaku, comic ama novel tu ga ada gunanya, Cuma buang-buang waktu aja. Jadi, sebagai anak yang baek, aku nurut aje, iya maaa.  Aku tu kemana-mana bacaannya RPUL N RPAL. tau ga buku ni? Kepanjangannya Rangkuman pengetahuan umum lengkap dan Rangkuman pengetahuan alam lengkap.  Buku itu ayah aku yang beliin pas gajian di toko buku kecil di kota langsa. Yaahh,, karena keseringan baca buku itu, pagi-siang ampe malem, aku hafal deh apa isi tu buku. Bukunya lecek-lecek. Buku RPUL ku barengan belinya sama sepupu aku, trus buku dia masih cantik. Jadi iri deh. Ternyata buku dia ga pernah di baca,hahaha. Yaudah, pas di sekolah aku jadi anak tempat contekan kalo pelajaran ips. Semua temenku ku kasi tau. Trus, bu gurunya curiga, koq kami pada bisa semua. Setelah itu gurunya nanya deh, sapa yang ngasih tau? Kata temenku, “NISA, bu”. Trus aku di suruh maju kepapan tulis, ibu gurunya ngasih soal sambil ngotot, apa nama gunung tertinggi yang ada di Indonesia? Aku maju dan nulis, puncak jaya wijaya. Ibunya diem. Udah gitu aja. Pas bagi rapot, aku dapet rangking 1. Alhamdulillah. Pertama x dapet rangking 1 kelas 4 SD. Saat itu aku masih percaya ama omongan mamaku. Jadinya aku baca buku pelajaran terus-menerus. Masa-masa smp, aku lupa udah ngapain aja. Ga da yang special rasanya. Oh iyaa ada-ada. Ini dia, waktu msh TK aku dilarang nonton  film hantu. Itu entah karena aku penakut entah mamaku yang penakut. Hehehe. Alasannya tiap aku minta nonton film hantu, mamaku selalu bilang, nanti mama gak mau temenin ke kamar mandi yaa. Hmmm…karena aku penakut, ya udah aku nurut daripada terpipis di situ, maleskan. Karena larang mamaku ini, aku tiap nonton film hantu kerumah tetangga tiap mamaku pergi kerja. Alhamdulillah, aku bisa kenal film suzanna, ada sundel bolong, kuntil anak, ada juga yang judulnya beranak dalam kubur.seru loh. Waktu SMP, aku punya sahabat, namanya novita, dia nyuruh aku untuk buat membercard untuk nyewa-nyewa CD gitu dan aku buat bayar 10ribu. Tiap minggu, abis pulang les aku selalu nyewa CD film hantu. Banyak deh yang udah aku nonton film-film hantunya. Mulai dari hantu Indonesia, Thailand sampe film-film psikopat gitu. Akhirnya aku ga penasaran lagi sama film hantu alias horror. Aku jadi lebih suka film komedi dan drama percintaan.hehehe.
Aku udah besar
SMA bisa di bilang udah besar kan yaa???
aku sekolah di SMA yang jauuuuuhhh banget dari rumahku. Dari rumah ke sekolahku memakan waktu 8 jam.tenang, aku ga pulang-pergi bolak-balik koq. Aku tinggal di asrama. Pas di SMA aku masih terpengaruh sama omongan mamaku itu, ga boleh baca komik n novel. Karena aku piker aku udah besar. Aku mulai pinjam-pinjam novel temenku, novel yang pertama aku baca apa yaa?? Lupa. Pokoknya reliji-reliji gtu, mungkin negeri 5 menara deh.  Ternyata wow so exiceted. Aku rada-rada ketagihan baca novel. Tp aku cari-cari novel temenku, gak ada yang bagus lagi, tinggal yang cinto-cinto.
aku sukanya baca buku biologi pas SMA, sampe-sampe ada temenku yang bilang aku perfecsionis. Ternyata waktu aku baca buku, orang-orang yang menjatuhkan semangat gitu adalah orang yang iri, aku nyesel kepancing omongannya,,,huuhhh. Padahal aku Cuma sangat-sangat semangat belajar. Biar orang tua aku gak kecewa. Tapi ga papa, aku iklash koq di bilang gtu. Alhamdulillah aku lulus dari sekolah itu dengan hasil yang gak terlalu mengecewakan. Bawaan SMA, aku hobi baca novel n komik tapi masih sedikit. Komik yang sering aku baca, doraemon, minjem. Conan, minjem juga.hehehe. ga ada modal banget yaa. Soal nya uang aku udah abis sih, untuk beli buku 1001 matematika, biologi, fisika, bahasa Indonesia pokoknya semua pelajaran ada yang ga ada buku 1001 malam.
Aku kuliah(lebih besar lagi J)
Akhirnya kuliah juga, setelah 2x ga lulus masuk ITB, aku di terima d UGM. *ITB, gue dendam am aloe, nendang-nendang gue,,,hehehe
Ini liburan pertamaku, semester 1. Aku gak pulang ke aceh, karena alasan tiket pesawat trus ujian terpotong sama liburan seminggu. Yaudah aku stay away di jogja. Aku gak tau mau ngapain, temenku selalu minjam komik di rental dekat kosan, aku ikut-ikutan baca komik serial cantik…wah tokoh komik cwonya keren-keren, kepribadiaannya juga keren.hehehe sampe kebawa-bawa mimpi euy..tenyata baca komik itu asik. Mamaku salah.
Bosan baca komik trus, aku mulai baca novel lagi. Aku suka novel yang latar tempatnya di luar negeri, jadi aku bisa ngerasain seolah-olah di luar negeri. Asik kan. Kapan ya keluar negeri betolan? Hmmm…masih menunggu rejeki dari Allah.
Baca novel itu bagus, bisa merangsang otak untuk berfikir dan berimajinasi. Kadang-kadang sebel juga kalo endingnya gantung, misalnya pas masalahnya belum selesai, tapi novelnya udah tamat. Selama liburan, aku jadi kecanduan baca novel, pengen baca yang ini yang itu, lagian di dukung factor dekat tempat peminjaman, bagai surga pecinta novel dan komik. Lagi-lagi, mamaku pasti salah kalo bilang gak boleh baca novel, padahal dengan baca novel, kita bisa dapet pengetahuan baru, tapi harus pinter juga milih novelnya. Jangan asal-asalan. Ntar waktu aku pulang ke Aceh, aku akan bilang sama mamaku..ma, jangan larang adek baca novel, bolehin aja kalo novel yang bermanfaat . saying adekku, ada 5 lagi tu masih kecil-kecil. Hehehe
Pesan : kalo masih kecil, dengar mama aja. Jangan baca protes.
kalo waktu besar, cari sendiri, karena udah bisa bedain baek dan buruknya. Kalo ada apa-apa yaa tanggung sendiri ato nangis ngadu ke mamaa…hehehe

Yogyakarta, 08 februari 2012
Di kosan, senja menjelang magrib……

Postingan populer dari blog ini

Ekspektasi dan Realita